Iman

Iman
Ar-Risalatul Qusyairiyah fi 'Ilmit Tashawwuf
   Iman menurut Abu Abdullah bin Khafif adalah pembenaran hati terhadap sesuatu yang telah dijelaskan oleh Al-Haqq tentang masalah-masalah gaib.
   Dalam hal ini Imam Abu Abbas As-Sayyari berkata bahwa pemberian Allah ada dua:
Karamah (kemuliaan) dan istidraj (pengluluan,Jawa). Apa yang tetap dan ditetapkan Al-Haqq kepada kamu adalah karamah, dan apa yang lenyap darimu adalah istidraj. Karena itu, katakan, “Saya adalah orang mukmin insya Allah.”

   Sahal bin Abdullah At-Tustari memandang bahwa orang mukmin dalam memandang Allah dengan penglihatan tanpa pagar dan pengetahuan yang tak berakhir. “Hati adalah sejumlah kesaksian Al-Haqq,” kata Abu Husin An-Nuri, “dan kami belum pernah melihat hati yang lebih rindu kepada Al-Haqq melebihi hati Muhammad SAW. Karena itu, Allah memuliakannya dengan mi’raj yang bergerak dengan sangat cepat. Kehadiran dalam mi’rajnya yang memandang Dzat dan kesempurnaan-Nya.”
Kami telah membuka jalur perdagangan Nasional
   Abu Utsman Al-Maghribi pernah menuturkan pengalaman spiritualnya. “Suatu saat,” tuturnya, “saya pernah mempercayai keberadaan sesuatu di sisi yang baru. Ketika saya tiba di Baghdad, kepercayaan itu hilang dari hati saya, lalu saya menulis surat kepada teman-teman saya di Mekkah dan mengatakan, ‘Sesungguhnya sekarang saya menjadi seorang muslim yang baru.’ Pada kali kesempatan lain, dia pernah ditanya oleh seseorang tentang penciptaan, lalu menjawab, “…perubahan-perubahan (evolusi) dan bayangan-bayangan terdapat hukum Tuhan yang berlaku kepada mereka.”
   Al-Wasithi pernah berkata, “Ketika sejumlah ruh dan jasad berdiri berjajar disisi Allah, keduanya Nampak tidak dengan zatnya. Demikian pula halnya dengan getaran-getaran hati dan gerakan-gerakan organ tubuh yang berdiri dengan Allah tanpa keberadaan zatnya, karena gerakan dan getaran hati merupakan perpanjangan bagian dari jasad dan ruh.”

·         Ma’rifatullah
·         Sifat-sifat Allah
·         Iman
·         Rezeki
·         Kufur
·         Arasy
·         Dzat Yang Al-Haqq

No comments:

Post a Comment

Bergabunglah bersama kami dalam mengelola perdagangan Nasional.
Alat Semprot
Logam Kuningan
Sparepart Pertanian
"Kami telah siap melayani anda di Seluruh Indonesia"