ISTILAH-ISTILAH TASAWUF

Istilah-istilah Tasawuf
Ar-Risalatul Qusyairiyah fi 'Ilmit Tashawwuf
   Sesungguhnya tiap kelompok ulama memiliki beberapa istilah yang dipakai secara khusus. Pemakaian itu memiliki ciri tersendiri dan terpisah dari lainnya. Mereka menciptakannya melalui kesepakatan pendefinisian yang mufakat untuk tujuan-tujuan mereka sendiri, seperti pendekatan pemahaman pada sasaran dialog atau mendudukkan makna suatu istilah diatas garis yang sepadan.
   Istilah-istilah yang mereka pakai berkaitan dengan permasalahan mereka, ditujukan untuk menyingkap arti suatu masalah bagi kepentingan diri mereka, dan menutup para penentang ajaran mereka, sehingga makna istilah yang terpakai secara khusus itu menjadi tertutup bagi pihak-pihak lain dan sumber kecemburuan penyingkapan rahasia bagi kelompok-kelompok lainnya. Hal itu dikarenakan tak ada hakikat yang terkumpul satu macam beban hukum atau terperoleh dengan hanya dengan satu langkah perjuangan, justru makna itu telah disediakan Allah dalam hati suatu kaum dan menjernihkan hakikat beberapa rahasianya.
   Kami di sini ingin menjelaskan makna istilah-istilah itu untuk mempermudah pemahaman bagi orang yang menekuni dan mendalami arti kehidupan orang yang berlaku batin (riyadhah) di dunia thariqah dan tasawuf.

1.      Waktu
2.      Al-Maqam
3.      Al-Hal
5.      Al-Haibah dan Al-Anasu
8.      Fana’ dan Baqa’
9.      Ghaibah dan Hadhur
20.  Nafas
21.  Al-Khawathir
23.  Warid
24.  Asy-Syahid
25.  Nafsu
26.  Ruh

27.  Sirri

No comments:

Post a Comment

Bergabunglah bersama kami dalam mengelola perdagangan Nasional.
Alat Semprot
Logam Kuningan
Sparepart Pertanian
"Kami telah siap melayani anda di Seluruh Indonesia"